Mengenal Strategi Pemasaran 4P Dan Cara Penerapannya

Strategi Pemasaran 4p

Jurnalfakta.com – Bagi Anda pelaku usaha di bidang property dan juga bidang produksi pasti tidak lepas dengan pemasaran. Ya, memang jika ingin produknya terkenal oleh khalayak umum maka diperlukan strategi pemasaran dan juga promosi. Pernahkah Anda mengenal strategi pemasaran 4P? Dan mencakup apa saja 4P tersebut? Berikut ulasannya.

Strategi pemasaran 4P adalah strategi pemasaran yang mencakup empat komponen utama yaitu Product, Price, Place, Promotion. Strategi pemasaran ini sangat efektif untuk mencapai objek pemasaran. Karena Anda sebagai pemasar perlu memanipulasi menggunakan cara yang paling efektif dari semua variable yang ada di dalam aspek pemasaran itu sendiri. Jadi, respon yang didapat juga akan lebih optimal.

Menerapkan Strategi Pemasaran 4P

Sebelum Anda menerapkan Strategi pemasaran 4P, Anda harus tahu dulu bagian-bagian dari yang dimaksud dari 4P tersebut. Setiap bagian dari 4P ini harus Anda cermati dan juga teliti agar proses pemasaran produk Anda bisa berjalan dengan lancar dan tertarget sesuai Audient yang Anda tuju.

Anda bisa melihat Tabel dibawah ini yang merupakan Tabel strategi pemasaran 4P serta bagian-bagiannya. Ini akan membantu Anda dalam memasarkan sebuah produk agar produk Anda bisa dikenal khalayak umum sesuai target Audient yang Anda inginkan.

Jika ingin Produk Anda bisa berhasil sesuai harapan maka Anda harus menerapkan strategi pemasaran 4P serta menerapkan bagian-bagian dari pemasaran 4P tersebut. Ini sangat berkaitan satu sama lain jadi Anda harus benar-benar menjalankannya.

Tabel Variable Strategi Pemasaran 4P

Dibawah ini adalah tabel variable dari pemasaran 4P

ProductPricePlacePromotion
QualityDiscountsCoverageAdvertisement
VarietyList PriceChannelSale Promotion
FeaturesPayment PeriodLocationPublic Relation
DesignAllowancesAssortmentsPersonal Selling
PackagingCredit ItemsLogisticsMedia
Brand Name InventoryMessage
Size Service LevelBudget
Service / Support   
Returns/ Benefits   
Warranties  

Harap di cermati dan juga di gali makna dari bagian-bagian strategi 4P di atas. Ini tentu akan sangat membantu pekerjaan Anda saat memasarkan produk Anda.

Tehnik pemasaran sebuah produk memang tidak mudah, perlu kreatifitas serta perlu analisa yang tepat. Jika hal ini telah ada dalam diri Anda maka strategi pemasaran 4P akan lebih mudah Anda terapkan.

Penjelasan Penerapan Strategi Pemasaran 4P

Jika masih bingung bagaimana cara menerapkan strategi pemasaran 4P maka Anda bisa membaca penjelasan satu-persatu dari Variable 4P tersebut.

Seperti yang kita ketahui bahwa pemasaran 4P meliputi Product, Price, Place, dan Promotion.

1. Product

Anda harus memastikan bahwa produk yang Anda hasilkan memenuh standar kualitas dan mempunyai kelebihan yang kompetitif di kalangan para pesaing. Jadi, Anda sebagai produsen harus mempunyai inisiatif tambahan untuk mempopulerkan produk Anda. Produk Anda harus memenuhi kebutuhan, keinginan dan juga harapan masyarakat sebagai konsumen.

Jadi, tidak hanya isinya, tetapi kemasan produk juga harus Anda perhatikan. Karena kemasan produk akan memberikan first impression kepada calon konsumen untuk akhirnya memutuskan membeli produk Anda atau tidak.

2. Price

Strategi pemasaran 4P juga berkaitan dengan Price atau harga. Jika selama ini Anda mengerti bahwa “ada harga ada barang” atau barang yang berkualitas bagus sudah pasti harganya mahal. Anda bisa mengubah hal ini. Anda bisa memproduksi produk dengan kualitas yang bagus dan dengan harga yang bisa dijangkau.

Strategi penetapan harga juga sangat penting karena harga merupakan salah satu factor pertimbangan utama ketika konsumen akan mmebeli sebuah produk. Jadi, Anda juga harus mempertimbangkan aspek kemampuan pembeli terhadap harga produk Anda. Jika kualitas oke dan harga masih wajar dan bisa dijangkau, maka Anda tidak akan kehilanggan konsumen.

3. Place

Place atau tempat juga harus Anda perhatikan. Strategi penempatan ini meliputi jalur marketing yang berfungsi untuk menyampaikan produk kepada para target market. Strategi tempat harus sangat tempat karena akan berpengaruh pada profit yang akan Anda dapatkan.

Misalnya Anda ingin membuka restoran dan Anda mendirikannya di daerah kampus yang mayoritas penghuninya adalah para mahasiswa yang belum berpenghasilan. Hal ini tidak efektif karena tidak mungkin setiap malam para mahasiswa makan di restoran Anda. lain halnya jika Anda menempatkan restoran Anda di lingkungan perkantoran dan perumahan kelas atas. Tempat merupakan salah satu pembentuk kesuksesan Anda

4. Promotion

Strategi pemasaran 4P yang keempat adalah promotion atau promosi. Walaupun ada ungkapan bahwa produk yang berkualitas tidak perlu dipromosikan, tetapi Anda tidak boleh terlalu percaya dengan ungkapan ini. Karena Anda tidak mungkin akan bisa membuat masyarakat secara luas mengenal produk Anda tanpa usaha promosi ataupun iklan.

Sekarang sudah banyak sekali media yang bisa dijadikan promosi, seperti media online yang kian banyak memberikan kesempatan untuk beriklan. Sekarang ketika membuka halaman facebook, maka akan muncul banyak sekali iklan. Dan Anda bisa memanfaatkan hal tersebut dengan baik. Anda harus mampu mengolah iklan dengan baik agar masyarakat mampu mendapatkan pesan dari promosi yang Anda lakukan.

Kesimpulan:

Sebagai pelaku usaha sebuah produk tentu tidak lepas dengan yang namanya memasarkan dan juga promosi. Maka dari itu, jika ingin produk Anda dikenal banyak orang dan tertarget sesuai dengan target konsumen maka dibutuhkan strategi pemasaran 4P ini. Strategi ini bisa diterapkan di berbagai jenis usaha, entah itu usaha kecil dan menengah atau UKM, dan usaha besar atau Perusahaan.

Bagi Anda sebagai pelaku usaha kecil seperti berdagang juga bisa menerapkan strategi pemasaran 4P ini. Tujuannya agar produk atau dagangan Anda bisa dikenal banyak orang dan bisa mendapatkan konsumen yang banyak.

Intinya dalam menerapkan Strategi pemasaran 4P ini, Anda harus benar-benar teliti dalam menganalisa persaingan. Jangan sampai Anda terburu-buru dalam memasarkan produk tanpa mengetahui cara pesaing Anda mempromosikan produknya. Teliti, cermati, dan tiru cara pesaing Anda memasarkan produknya. Setelah mengetahui semuanya maka Anda bisa menambahkan apa yang belum ada di cara pemasaran produk pesaing Anda.

Kreatifitas sangat diperlukan dalam strategi pemasaran 4P ini agar bisa menarik calon konsumen. Semakin unik dan berbeda dari yang lain, itu yang akan membuat konsumen penasaran dengan produk yang Anda promosikan. Sampai disini pasti Anda sudah tahu apa yang harus Anda lakukan dengan menerapkan strategi pemasaran 4P ini.

Exit mobile version