Tips Jitu Menentukan Lokasi Untuk Bisnis Makanan dan Minuman

Jurnalfakta.com – Bagaimana cara menentukan lokasi untuk bisnis makanan dan minuman? Menentukan lokasi usaha menjadi peranan penting dalam kemajuan sebuah usaha dan bisnis, apalagi untuk usaha atau bisnis makanan dan minuman. Untuk usaha kuliner bisa ditentukan dengan beberapa hal dibawah ini.

Lokasi memang menjadi hal yang utama yang harus dipikirkan jika ingin membuka sebuah usaha atau bisnis. Selain itu lokasi juga bisa menentukan maju tidaknya usaha yang Anda jalani. Jika lokasi bisnis makanan dan minuman Anda terletak di tempat strategis tentu memiliki peluang yang besar jika dibandingkan dengan lokasi usaha yang tidak strategis atau terletak jauh dari keramaian dan jalan utama.

Bisnis makanan dan minuman atau bisa kita sebut usaha restaurant ini memang harus terletak di tempat yang ramai, dekat dengan pusat berbelanjaan, dan terletak di lokasi yang mudah dijangkau. Nah, jika lokasi usaha Anda memang seperti itu maka, Anda memiliki peluang besar usaha Anda akan cepat berkembang.

Baca Juga: Panduan Memulai Bisnis Kantin Kantoran Bagi Pemula

Selain menentukan lokasi, ada beberapa hal penting yang juga harus Anda perhatikan jika Anda ingin memulai bisnis atau usaha makanan dan minuman. Seperti dua hal berikut ini.

Lihatlah Trafik atau Lalu Lintas Orang

Artinya ketika Anda ingin menentukan sebuah lokasi, pastikan lokasi tersebut sering dilewati banyak orang setiap saat. Jika Anda sempat terpikir untuk mencari lokasi di plaza atau mall, sebaiknya Anda berpikir ulang. Kenapa? Karena biaya sewa di mall pastinya sangat mahal.

Jika Anda masih awal merintis bisnis ini dan belum mempunyai nama di dunia bisnis kuliner, sebaiknya jangan mengambil resiko untuk mengeluarkan terlalu banyak modal untuk sewa lokasi. Alihkan pandangan Anda ke lokasi lain yang strategis selain mall, seperti dekat pasar, perkantoran atau perumahan.

Jangan Memilih Lokasi Yang Menjorok Kedalam jika Lokasi Anda di Outdoor

Jika Anda ingin membuka usaha di lokasi yang mana banyak sekali usaha kuliner yang lain (semacam foodcourt), maka sebaiknya jangan memilih lokasi yang paling ujung. Karena biasanya calon konsumen yang berjalan- jalan dan melihat- lihat hanya akan berjalan sampai tengah kemudian menentukan warung mana yang akan mereka singgahi. Jadi potensi yang paling ramai adalah paling depan sampai tengah.

Peluang lokasi usaha atau bisnis yang berada paling dalam biasanya hanya memiliki peluang sedikit dibandingkan dengan lokasi usaha di depan sampai tengah. Dan Anda harus memikirkan ini jika Anda ingin memulai bisnis makanan dan minuman.

Menentukan lokasi usaha juga harus mempunyai daya tarik tersendiri. Jika lokasi Anda mempunyai daya tarik, maka banyak konsumen yang akan mendatangi lokasi Anda. Jika tempat Anda ramai, maka akan semakin banyak orang lewat yang menjadi penasaran dan akhhirnya mencoba. Sebaliknya, jika tempat usaha Anda sepi pembeli, maka orang lain pun akan segan jika ingin mampir ke lokasi Anda karena takut mahal, tidak enak, dan lain sebagainya.

Nah, untuk membantu Anda mencari daya tarik lokasi yang Anda inginkan, berikut ini beberapa jenis daya tarik yang harus Anda miliki.

1. Tempatnya Bersih dan Nyaman

Faktor yang satu ini tentu sudah menjadi rahasia umum yang bisa membuat konsumen betah untuk kembali ke warung Anda. Nah untuk jenis kenyamanan ini lah yang bervariasi. Misalnya untuk kafe untuk anak muda, Anda bisa membuat mejanya cukup untuk 2 orang dan ada yang 4 orang. Sedangkan untuk warung Padang, biasanya disediakan meja yang lebih besar dan kursi yang lebih banyak.

Jadi, ketika Anda membuka usaha, bayangkan penataan dan kenyamanaan seperti apa yang dibutuhkan oleh konsumen Anda ketika berkunjung ke warung Anda.

2. Desain Yang Unik dan Menarik

Jenis daya tarik yang ini memang menjadi salah satu faktor usaha Anda banyak di kunjungi konsumen. Dengan desain yang unik dan menarik biasanya akan mengundang rasa penasaran calon konsumen. Anda bisa membuat desain unik dan menarik dengan mengikuti tren jaman.

Anda bisa membuat keunikan dari tempat maupun dari menu makanan yang ada di tempat usaha Anda. Biasannya calon konsumen akan merasa wah dengan desain unik yang berbeda dengan lainnya. Dengan begitu maka, usaha Anda akan banyak yang mendatanginya. Ini merupakan strategi terbaik jika ingin memikat calon konsumen.

3. Adanya Paket Spesial atau Diskon

Dengan banyaknya usaha atau bisnis di bidang makanan, membuat persaingan bisnis ini semakin tinggi. Anda harus pintar-pintar membuat gebrakan salah satunya dengan membuat paket spesial atau memberikan diskon.

Misalnya untuk rombongan lebih dari 10 orang, Anda memberikan diskon 10%. Dengan banyaknya sosial media sebenarnya Anda bisa melakukan promosi melalui promo di sana, misalnya mendapatkan gratis minuman gratis jika sudah mengajak 5 teman untuk like fanpage warung Anda, dan lain sebagainya.

Disini Anda harus memanfaatkan berbagai macam media sosial yang ada untuk mempromosikan usaha Anda agar dikenal banyak orang. Apalagi menu kamanan dan minuman yang Anda miliki unik dan beda dengan yang lainnya.

Kesimpulan:

Selain memperhatikan beberapa hal dan jenis daya tarik seperti di atas lokasi usaha atau bisnis juga harus Anda fikirkan agar usaha atau bisnis yang Anda kelola bisa berkembang dan bisa sukses seperti yang Anda inginkan.

Memang tidak mudah mencari lokasi yang ramai lalu lintas orang, kalaupun ada pasti harga sewanya mahal. Namun Anda bisa mengalihkan pandangan itu dengan mencari lokasi yang dekat dengan pusat keramaian seperti pasar atau perumahan di daerah Anda.

Baca Juga: 4 Peluang Usaha Terbaru dan Terlaris Yang Minim Persaingan

Dengan Anda memiliki lokasi bisnis atau usaha makanan dan minuman yang strategis, dekat dengan keramaian maka peluang usaha Anda akan sangat besar, apalagi jika belum banyak saingannya pasti usaha Anda ini akan cepat maju. Selain itu Anda juga harus memperhatikan daya tarik konsumen, seperti apa makanan dan minuman yang di inginkan konsumen dan Anda harus bisa menyesuaikan itu agar banyak konsumen tertarik dengan usaha Anda.

Produk yang unik dan menarik serta di adakannya paket spesial dan diskon akan menjadi daya tarik tersendiri yang akan membuat konsumen merasa penasaran. Strategi ini banyak yang dilakukan oleh kebanyakan usaha makanan dan minuman dengan membuat seunik mungkin dan membuat diskon-diskon spesial. Anda harus ikuti ini jika ingin usaha Anda cepat berkembang.

Dari penjelasan tips jitu menentukan lokasi bisnis atau usaha makanan dan minuman yang telah dijabarkan di atas, semoga Anda sudah memiliki pandangan seperti apa nantinya usaha Anda dan di tempat mana usaha Anda di dirikan. Ingat, selain menerapkan berbegai hal tersebut Anda juga harus selalu bekerja keras dan selalu mempromosikan di berbagai media sosial yang ada. Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Exit mobile version