100+ Istilah-Istilah Pariwisata Lengkap Beserta Artinya

istilah pariwisata dan perhotelan lengkap

Jurnalfakta.com – Di dalam dunia pariwisata dan perhotelan tentu ada banyak sekali istilah-istilah pariwisata yang harus di hafal. Apalagi Anda yang sedang belajar di dunia wisata dan perhotelan maka Anda harus tahu banyak istilah yang sering digunakan di pariwisata dan perhotelan.

Disini ada 100+ istilah pariwisata dan perhotelan beserta artinya, yang mana ini akan menjadi catatan penting bagi Anda yang ingin terjun ke dunia pariwisata dan perhotelan. Kali ini jurnalfakta.com akan merangkumkan untuk Anda istilah pariwisata lengkap dengan artinya mulai dari A-Z.

Istilah-Istilah Pariwisata dan Perhotelan

Istilah dalam dunia pariwisata dan perhotelan memang banyak sekali, dan ini menjadi pembelajaran bagi kita yang saat ini ingin terjun ke dunia wisata dan perhotelan.

Nah, dibawah ini merupakan istilah-istilah pariwisata dan perhotelan yang jurnalfakta susun berdasarkan Abjad.

A

  1. Amendment adalah perubahan pesanan kamar yang dilakukan tamu karena adanya perubahan informasi yang telah dibuat tamu sebelumnya.
  2. Advance payment atau Pre-payment adalah pembayaran yang diberikan oleh pemesan untuk menjamin sejumlah harga kamar dan fasilitas yang dipesan selama tinggal sebelum mereka mempergunakan fasilitas kamar.
  3. Akomodasi adalah tempat bagi seseorang untuk tinggal sementara dapat berupa hotel, losmen, guest house, pondok, inn, perkemahan, caravan, backpeker dan sebagainya.
  4. Arrival adalah kedatangan tamu di hotel, baik tamu yang telah melakukan pemesanan kamar maupun yang belum melakukan pemesanan.
  5. Atraksi Wisata adalah Suatu kegiatan yang berupa pertunjukan seperti tari, musik dan upacara adat budaya setempat,baik yang bersifat tradisional maupun modern.
  6. American Plan adalah Hotel yang menerapkan sistem komponen harga kamar sudah termasuk makan pagi (breakfast) sehingga wisatawan akan mendapatkan pelayanan makan pagi pada hari keesokannya.
  7. Airline Crews adalah Rombongan tamu yang merupakan awak pesawat dari suatu maskapai penerbangan dari suatu negara.
  8. Allotment adalah Diperuntukkan yang sudah diberikan ke biro perjalanan tidak bisa di jual oleh pihak hotel.
  9. Advance Deposit adalah Pemesanan kamar yang dilakukan dengan uang muka
  10. Arrival Flight Number and Time adalah Jenis maskapai penerbangan, nomor penerbangan, dan waktu tiba.
  11. Account adalah Cara pembayaran yang dilakukan oleh tamu.
  12. Adjacent Room adalah Dua kamar yang berseberangan dengan dibatasi oleh koridor.
  13. Adjoining Room adalah Dua kamar yang berdampingan di sisi kanan atau kiri atau keduanya terdapat koridor.
  14. Air Tourism adalah Perjalanan wisata yang menggunakan transportasi udara.
  15. Abdult Tourism adalah Kegiatan pariwisata yang diikuti oleh orang-orang usia lanjut dan biasanya orang pensiunan.
  16. Apartemen adalah Penginapan untuk jangka agak lama, misalnya pada waktu musim panas atau musim libur, di mana selain menyediakan kamar tidur juga menyediakan living room, teras, dan juga perlengkapan masak.
  17. Airline adalah Pesanan kamar yang berasal dari maskapai penerbangan, baik untuk kepentingan petugas penerbangan (airline crews) saat bertugas atau untuk penumpang pesawat yang perkembangannya tertunda karena suatu hal.
  18. Associations adalah Pesanan kamar yang dilakukan oleh ikatan-ikatan profesi untuk kepentingan asosiasi.
  19. Account Instructure adalah Cara pembayaran yang digunakan oleh tamu untuk membayar semua tagihan selama di hotel.
  20. A Dynamic Element adalah Travel ke suatu destinasi wisata.
  21. A Statistic Element adalah Singgah di daerah tujuan.
  22. A Consequential adalah Khususnya terhadap masyarakat lokal, yang meliputi dampak ekonomi, sosial, dan fisik dari adanya kontak wisatawan.
  23. A’la Carte Rstaurant adalah Restoran yang mendapatkan izin penuh untuk menjual makanan lengkap dengan banyak variasi di mana tabu bisa bebas memilih sendiri makanan yang mereka inginkan.

B

  1. Baggage claim check adalah Kartu tanda bukti penitipan barang sementara waktu di luggage store. Kartu ini terdiri atas dua bagian yaitu atas dan bawah, bagian atas akan di gantungkan pada barang yang dititipkan, sedagangkan yang bagian bawah akan dibawa tamu sebagai tanda bukti pada saat pengambilan barang tersebut.
  2. Baggage adalah Barang bawaan tamu dengan berbagai tipe atau jenis.
  3. Bellman adalah Petugas bagian uniform service yang bertanggung jawab atas penanganan barang bawaan tamu sejak kedatangan, saat tinggal, dan meninggalkan hotel.
  4. Bell Desk adalah Seorang petugas hotel yang bertugas memberikan pelayanan tentang barang atau transportasi tamu, nama lain Bellman, Bellhop.
  5. Bell Captain Control Sheet adalah Format yang digunakan oleh Bell captain untuk mencatat aktivitas bawahannya.
  6. Briefcase digunakan untuk membawa atau menyimpan surat-surat penting
  7. Bellboy atau Bellman Errand Card adalah Kartu atau formulir yang digunakan oleh bellboy maupun bellman untuk mencatat segala aktivitas yang berhubungan dengan penanganan barang bawaan tamu sejak tamu tiba, selama tinggal jika terjadi perpindahan kamar, dan ketika tamu meninggalkan hotel.
  8. Biro Perjalanan adalah Suatu badan usaha yang operasional nya meliputi pelayanan semua proses perjalanan dari seseorang sejak berangkat hingga kembali, sehingga mereka merasa nyaman selama perjalanan.
  9. Bungalo adalah Bangunan atau rumah yang digunakan untuk peristilahan terakhir bisa terletak di pinggir kota atau di darah-daerah luar kota.
  10. Book By adalah Nama pemesan.
  11. Business Tourism adalah Pariwisata di mana pengunjung datang untuk tujuan dinas, usaha dagang yang berhubungan dengan pekerjaannya, kongres, seminar, dan lain-lain.
  12. Beach Hotel adalah Semua hotel yang berlokasi dekat dengan pantai.

C

  1. Check In adalah Proses kedatangan tamu yang sudah melakukan pendaftaran.
  2. Check Out adalah Proses keberangkatan tamu oleh karena telah selesai masa tinggal.
  3. Check Out Time adalah Batas atau jam masa tinggal yang berlaku di hotel
  4. Chief Concierge adalah Sebutan untuk kepala atau pimpinan dari bagian uniformed.
  5. Cedera Mata adalah Oleh-oleh atau kenang-kenangan yang dapat di bawa oleh wisatawan pada saat kembali ke tempat asalnya.
  6. City Hotel adalah Semua hotel yang berlokasi di tengah kota.
  7. Cottages adalah Suatu bentuk bangunan yang dipergunakan untuk usaha pelayanan akomodasi dengan fasilitas tambah lainnya.
  8. Contract Rate adalah Harga kontrak yang diberikan oleh pihak hotel kepada biro perjalanan tertentu yang sudah memiliki allotment dari Hotel.
  9. Commission adalah Sejumlah uang yang diberikan kepada biro perjalanan atau perorangan yang telah membuat pesanan kamar ke pihak hotel dan pembayaran kamar hotel dilakukan oleh tamu sendiri.
  10. Cancelled adalah Pesanan kamar yang telah dilakukan, tetapi karena suatu hal pesanan tersebut di batalkan.
  11. Closed adalah Pesanan kamar sudah di tutup, tidak boleh lagi menerima pesanan kamar.
  12. Confirmation Letter adalah Surat yang dibuat sebagai balasan atau penegasan atas permintaan tamu bahwa hotel sudah menyiapkan kamar sesuai dengan permintaan dan layanan lainnya.
  13. Credit Card adalah Pemesanan kamar yang menggunakan kartu kredit dan petugas reservasi akan meminta nomor kartu kredit pemesan.
  14. Corporate adalah Suatu jaminan pemesanan kamar dengan tanggung jawab dari suatu perusahaan yang sudah melakukan perjanjian kontrak kerja dengan pihak hotel.
  15. Confidential Tariff adalah Harga kamar yang berlaku untuk pihak-pihak tertentu sesuai dengan kesepakatan yang sudah di buat.
  16. Confirmed adalah Pesanan kamar yang sudah di pastikan ketersedianya pada periode tersebut.
  17. Company adalah Nama perusahaan yang menanggung beban biaya tamu selama menginap di hotel.
  18. Clerk adalah Nama petugas reservasi yang menangani pencatatan informasi tamu.
  19. Cabana adalah Kamar yang dilengkapi dengan sofa cum bed yang lokasinya idealnya berada di samping atau dekat kolam renang.
  20. Crib Room adalah Kamar yang dilengkapi dengan fasilitas tempat tidur bayi.
  21. Connecting Room adalah Dua kamar yang berdampingan yang dilengkapi dengan pintu penghubung. biasanya ini cocok untuk tamu keluarga.
  22. Cultural Tourism adalah Jenis perjalanan pariwisata yang di motivasi oleh daya tarik dari seni atau budaya daerah.
  23. Commercial Tourism adalah Perjalanan wisata yang motivasinya untuk melakukan perjalanan yang berkaitan dengan perdagangan nasional dan internasional.
  24. Cultural Motivation adalah Keinginan untuk mengetahui budaya, adat, tradisi, dan kesenian daerah lainnya.
  25. Continental Restaurant adalah Suatu restoran yang menitikberatkan hidangan kontinental pilihan dengan pelayanan elaborate atau megah.
  26. Canteen adalah Restaurant yang berhubungan dengan kantor, pabrik, dan sekolah di mana tempat untuk para pelajar atau pekerja biasa mendapatkan makanan siang atau coffee break, yaitu acara minum kopi disertai dengan makanan kecil selingan jam kerja, jam belajar atau dalam acara rapat-rapat seminar.
  27. Cafeteria atau Cafe adalah Suatu restoran kecil yang mengutamakan penjualan cake atau (kue-kue), sandwich (roti isi) kopi dan teh.
  28. Carvery adalah Suatu restoran yang berhubungan dengan hotel di mana para tamu dapat mengisi sendiri hidangan pangan sebanyak yang mereka inginkan dengan harga yang sudah di tetapkan.
  29. Central Reservations Office adalah Pesanan kamar yang dilakukan oleh layanan pusat pesanan yang membantu tamu-tamu agar mendapatkan penginapan pada saat diperlukan di lokasi yang diinginkan, periode yang diinginkan dan harga yang bersaing.
  30. Corporate House adalah Perusahaan swasta yang melakukan pemesanan kamar untuk kepentingan perusahaan.
  31. Contact Person adalah Nama tamu yang dapat di hubungi bila ada hal-hal yang akan ditindak lanjut di kemudian hari.
  32. Credit Crad No adalah Nomor kartu kredit yang diberikan tamu sebagai jaminan atas pemesanan kamar yang dilakukan.
  33. Capital Intensive adalah Untuk membangun sarana dan prasarana industri pariwisata diperlukan modal yang sangat besar untuk investasi.
  34. Cabaret atau Supper Club adalah Restoran yang mengadakan pertunjukan pada saat makan.
  35. Coffee Shop atau Brasserei adalah Suatu restoran pada umumnya berhubungan dengan hotel, suatu tempat di mana tamu bisa mendapatkan makanan pagi, makan siang, makanan malam secara cepat degan harga yang cukup.
  36. Cancellation is Caused By Lay Over Passanger adalah Pembatalan keberangkatan tamu diakibatkan oleh tidak berangkatnya pesawat yang di pesan, seperti pesawat rusak.
  37. Convention Group adalah Rombongan tamu yang bertujuan untuk mengikuti kegiatan konvensi di suatu negara atau kota penyelenggara.

D

  1. Depature adalah Proses keberangkatan tamu.
  2. Doorman adalah Sebutan untuk seorang petugas dari bagian uniformed service yang tugas pokoknya adalah menyambut tamu pada pintu utama hotel atau main entrance hotel.
  3. Daya Tarik Wisata adalah Segala sesuatu yang memiliki keunikan, keindahan, dan nilai yang berupa keanekaragaman kekayaan alam, budaya, dan hasil buatan manusia yang menjadi sasaran atau tujuan kunjungan wisatawan.
  4. Deluxe Tourism adalah Perjalanan wisata yang menggunakan fasilitas standar mewah, baik alat angkutan, hotel maupun atraksinya.
  5. Domestic Foreign Tourist adalah Orang asing yang berdiam pada suatu negara, yang melakukan perjalanan wisata di wilayah negara dimana dia tinggal.
  6. Domestic Tourist adalah Orang yang melakukan perjalanan wisata dalam batas wilayah negaranya sendiri tanpa melewati perbatasan.
  7. Direct Reservation adalah pemesanan kamar yang dilakukan secara langsung dengan cara datang langsung ke bagian reservation di hotel.
  8. Date adalah Tanggal pesanan kamar yang dibuat tamu.
  9. Date of Valid adalah Batas berlakunya kartu kredit.
  10. Date atau Day adalah Hari dan tanggal tamu akan tiba.
  11. Depature Flight Number and Time adalah Nama maskapai penerbagan, nomor penerbagangan, dan waktu tamu berangkat.
  12. Density Chart adalah Form atau tabel yang digunakan oleh hotel besar yang memiliki banyak kamar.
  13. Deluxe Room adalah Kamar yang dilengkapi dengan fasilitas menengah dengan ukuran yang lebih luas dari superior room.
  14. Double Bed Room adalah Kamar yang dilengkapi dengan 1 tempat tidur besar untuk 2 orang.
  15. Duplex Suite adalah Kamar yang terdiri dari 2 lantai dengan tangga berhubungan yang dilengkapi fasilitas ruang tamu dan dapur kecil.
  16. Double Suite Room adalah Kamar suite yang dilengkapi dengan tempat tidur besar untuk dua orang dengan fasilitas ruang tamu dan dapur kecil.
  17. Company Account adalah Pembayaran tamu yang dilakukan oleh perusahaan yang mengeluarkan surat jaminan (guarantee letter).
  18. Dining Room adalah Terdapat di hotel kecil, inn, merupakan tempat yang tidak lebih ekonomis dari pada tempat makan biasanya.
  19. Discotheque adalah Suatu restoran yang prinsipnya juga sebagai tempat dansa dan menikmati alunan musik.
  20. Deposit adalah Uang muka yang di berikan tamu sebagai jaminan atas pesanan kamar yang dilakukan.

E

  1. Expected Arrival List adalah Form yang digunakan untuk mencatat mengenai nama-nama tamu yang di harapkan datang.
  2. Errad Card adalah Kartu yang digunakan untuk mencatat barang bawaan tamu.
  3. Expected Depature List adalah For yang digunakan untuk mencatat mengenai nama-nama tamu yang di harapkan berangkat.
  4. Errad Control Sheet adalah Form yang digunakan oleh bell captain untuk mengawasi seluruh kegiatan bellman selama bertugas.
  5. Educational Tourism adalah Jenis pariwisata di mana pengunjung atau orang yang melakukan perjalanan bertujuan untuk belajar.
  6. European Plan adalah Hotel yang menerapkan sistem komponen harga kamar saja, tanpa makan siang, makan pagi, makan malam, sehingga wisatawan yang tinggal tidak mendapatkan layanan lain selain kamar (room only).
  7. Email adalah Pesanan kamar yang di lakukan dengan menggunakan sarana teknologi internet atau menggunakan surat elektronik yang dapat segera di terima dan di balas saat itu juga.
  8. E-Reservation adalah Pesanan kamar yang dilakukan dengan cara membuka web pesanan kamar hotel.
  9. Embassies and Consulates adalah Pesanan kamar yang dilakukan oleh duta besar atau konsultan negara asing yang ada di indonesia untuk kepentingan dinas.
  10. Extention of Stay adalah Perpanjangan lama tamu tinggal di hotel.
  11. Early Arrival adalah Perubahan tanggal kedatangan tamu yang lebih cepat dari tanggal yang telah di informasikan sebelumnya.
  12. Early Depature adalah Perubahan tanggal keberangkatan tamu sehingga tamu memperpendek lama tinggalnya.
  13. Executive Room adalah Kamar yang memiliki tambahan fasilitas lain seperti internet connection,komputer, mini bar,yang diperuntukkan khusus bagi pebinis.
  14. Ejaan Internasional adalah Cara yang digunakan oleh seorang petugas reservasi untuk memastikan cara menulis informasi yang diberikan kepada tamu agar terhindar dari kesalahan.

F

  1. Front Office adalah Kantor depan hotel.
  2. Front Desk adalah Counter di front office untuk receptionist.
  3. Family Group Tourism adalah Suatu perjalanan wisata yang dilakukan oleh kelompok atau rombongan yang masih mempunyai hubungan kekerabatan.
  4. Full America Plan adalah Hotel yang menerapkan sistem komponen harga kamar sudah termasuk 3 kali makan, yaitu makan pagi di tambah makan siang dan makan malam.
  5. Fish and Chip Shop adalah Suatu restoran yang banyak terdapat di daerah pantai, khususnya di negara inggris dimana wisatawan dapat membeli macam-macam keripik (chips) dan ikan goreng, biasanya berupa ikan cod, dibungkus di dalam kertas lalu pergi.
  6. Familiarzation Tourism adalah Perjalanan yang dimaksudkan guna mengenal lebih lanjut atau daerah yang mempunyai kaitan dengan pekerjaan.
  7. Free Individual Travellers adalah Pesanan kamar yang berasal dari perorangan yang datang langsung ke hotel.
  8. Full Computerized System adalah Sistem yang menggunakan teknologi komputer mulai saat tamu melakukan pesanan kamar sampai meninggalkan hotel.
  9. Fasilitas Kamar adalah Fasilitas yang di sediakan di dalam kamar tamu
  10. Fasilitas Hotel adalah Fasilitas yang disediakan di dalam hotel bagi tamu yang menginap.
  11. First Name adalah Nama depan dari tamu.
  12. Family Name atau Surname adalah Nama keluarga dari tamu tersebut.

G

  1. Group Reservation adalah Pesanan kamar yang dikoordinir oleh tour operator atau travel agent sehingga tamu membayar harga kamar kepada tour operator atau travel agent.
  2. Garment Bag atau Valet Bag atau Suite Bag adalah Tas yang digunakan untuk menyimpan jas atau pakaian.
  3. Guaranteed adalah Pesanan kamar yang dilakukan disertai dengan jaminan dari pemesan kamar.
  4. Goverments Offices adalah Pesanan kamar yang dilakukan oleh dinas pemerintahan yang disiapkan bagi staff atau tamu dinas tersebut untuk kegiatan dinas atau kepentingan dinas.
  5. Global Distribution adalah Sarana yang disediakan oleh network providers bagi semua hotel yang ada di seluruh dunia untuk mengisi webnya di jaringan tersebut
  6. Group Deposit adalah Pembatalan yang dilakukan oleh tamu grup di berikan batas waktu tunggu 1 bulan sebelum tanggal kedatangannya.
  7. Golf Bag adalah Tas yang digunakan untuk menempatkan stick golf.
  8. Group Errand Card adalah Kartu atau form yang digunakan khusus untuk penanganan barang bawaan tamu rombongan atau group.
  9. Group Tourism adalah Jenis perjalanan pariwisata yang dilakukan oleh banyak orang yang tergabung dalam satu rombongan yang biasanya diorganisasikan oleh sekolah, organisasi atau tour operator atau travel agent.
  10. Group List adalah Daftar nama tamu rombongan.
  11. Group Status Report adalah Laporan tentang rombongan tamu yang akan tiba dan berangkat, jumlah dalam rombongan.
  12. Grill adalah Restorant untuk chops dibakar sesuai selera tamu.
  13. Goverments Delegates adalah Rombongan tamu yang merupakan utusan pemerintah yang melakukan tugas dinas di suatu kota atau daerah.

H

  1. Hunting Tourism adalah Perjalanan wisata yang di maksudkan untuk menyelenggarakan pemburuan binatang yang diizinkan oleh penguasa setempat sebagai hiburan semata.
  2. Hotel Salah satu jenis akomodasi yang paling lengkap dan paling banyak jumlahnya yang menggunakan sebagian atau seluruh bangunan untuk menyediakan jasa pelayanan penginapan, makan dan minuman serta jasa lainnya bagi umum yang dikelola secara komersial.
  3. Hotel Melati adalah Setiap hotel yang belum memiliki fasilitas lengkap, cenderung masih sederhana dan memiliki maksimal jumlah kamar 25 kamar saja.
  4. Hotel Berbintang adalah Setiap hotel yang telah tersertifikasi berdasarkan fasilitas yang ada di dalam hotel tersebut.
  5. Home Stay adalah Bangunan milik pribadi yang digunakan untuk penginapan sementara bagi wisatawan yang ekonomi nya lemah atau bisa disebut kaum hippies. 

I

  1. Inn adalah Penginapan dengan menambahkan fasilitas ekstra tanpa di pungut biaya.
  2. Individual Tourism adalah Seorang wisatawan atau satu keluarga yang melakukan perjalanan wisata secara bersama.
  3. Informan adalah Orang yang memberikan informasi.
  4. Invaluable Goods adalah Barang tidak berharga.
  5. In Direct Reservation adalah Pesanan kamar yang dilakukan dengan cara menggunakan sarana komunikasi.
  6. Indigenous Foreign Tourist adalah Warga negara suatu negara tertentu karena tugasnya atau jabatannya di luar negeri dan pulang ke negara asal dan melakukan perjalanan wisata di wilayah negaranya sendiri.
  7.  Individual adalah Pesanan yang di diperuntukkan bagi perorangan dengan jumlah tidak lebih dari 3 orang.
  8. Individual Deposit adalah Deposit yang diberikan oleh pemesan dapat dikembalikan oleh hotel apabila informasi informasi pembatalan di sampaikan jauh hari sebelum tanggal kedatangan.
  9. Initial adalah Nama depan atau nama tengah dari tamu.

J

  1. Junior Suite adalah Kamar suite yang dilengkapi dengan dapur kecil dan ruang tamu yang dapat di bongkar pasang.

L

  1. Letter adalah Pesanan kamar yang menggunakan jasa pengiriman surat.
  2. Losmen berasal dari bahasa inggris yaitu lodgement. Losmen adalah suatu usaha komersial yang menggunakan seluruh atau sebagian dari bangunan yang khusus disediakan bagi setiap orang yang memperoleh pelayanan penginapan.
  3.  Land Tourism adalah Perjalanan wisata yang menggunakan transportasi adarat.
  4. Late Check Out adalah Waktu meninggalkan hotel melebihi batas waktu yang sudah di tetapkan oleh hotel.
  5. Lifting Technique adalah Teknik mengangkat barang dengan memperhatikan beberapa tanda signs yang mungkin terdapat pada barang tersebut.
  6. Luggage Room Book adalah Buku pencatatan penitipan barang bawaan tamu yang dititipkan di luggage store.
  7. Layanan Hotel adalah Layanan tambahan yang disediakan bagi tamu yang tinggal di hotel.
  8. Lenght os Stay adalah Lama tamu tinggal di hotel.
  9. Lay Over Passanger adalah Pembatalan penerbangan pesawat yang membuat tamu tidak jadi berangkat sehingga tamu akan memperpanjang tinggalnya di hotel.

M

  1. Mountain Hotel adalah Hotel yang berlokasi di dekat pegunungan.
  2. Motel adalah Singkatan dari motor hotel, suatu bentuk bangunan yang digunakan untuk usaha perhotelan dengan sarana tambahan berupa garasi setiap kamar.
  3. Money Changer adalah Tempat untuk melakukan penukaran uang asing.
  4. Middel Class Tourism adalah Jenis perjalanan wisata yang menggunakan fasilitas dengan harga yang tidak terlalu mahal tetapi tidak terlalu jelek pelayanannya.
  5. Masculine Torism Yaitu jenis pariwisata yang kegiatannya hanya dilakukan oleh pria saja.
  6. Modified American Plan adalah Hotel yang menerapkan komponen harga kamar sudah termasuk 2 kali makan, yaitu makan pagi ditambah makan siang atau makan pagi ditambah makan malam.
  7. Military Troops adalah Rombongan tamu yang berasal dari militer yang bertujuan untuk melakukan kegiatan pelatihan bersama atau pengamanan di suatu negara atau kota.

N

  1. No Show adalah Pesanan kamar yang sudah di buat oleh pemesan tetapi tamu tidak datang tanpa pemberitahuan sebelumnya.
  2. Non Guaranteed adalah Pesanan kamar yang tidak disertai dengan jaminan.
  3. Non Computerized System adalah Sistem yang mana informasi tamu yang masuk akan di proses dengan memanfaatkan ketrampilan pengarsipan konvensional.
  4. New adalah Pesanan kamar yang pertama kali dibuat tamu, belum ada perbaikan atau perbuatan.

O

  1. Occasional Tourism adalah Kegiatan perjalanan pariwisata yang di hubungkan dengan kejadian maupun event.
  2. On Request adalah Pihak hotel harus selektif dalam menerima tamu, pesanan yang diterima adalah yang mendapatkan persetujuan.
  3. Open adalah Pesanan kamar masih bisa dilakukan.

P

  1. Page Boy adalah Petugas yang menjemput atau mencari tamu saat di bandara.
  2. Paging Board adalah Papan yang berisi nama tamu yang di cari atau di jemput pada saat di bandara.
  3. Pengusaha Pariwisata adalah Orang atau sekelompok orang yang melakukan kegiatan pariwisata.
  4. Pariwisata adalah Berbagai macam kegiatan wisata dan didukung berbagai fasilitas dan layanan yang di sediakan oleh masyarakat, pengusaha, pemerintah dan pemerintah daerah.
  5. Pariwista Lokal (Local Tourism) adalah Jenis pariwisata yang dikembangkan dalam suatu wilayah baik ruang lingkupnya lebih sempit dan terbatas dalam tempat-tempat tertentu saja.
  6. Pariwisata Regional (Regional Tourism) adalah Kegiatan pariwisata yang dikembangkan dalam wilayah tertentu, baik regional dalam lingkup nasional maupun internasional.
  7. Pariwisata Nasional (National Tourism) adalah Jenis pariwisata yang dikembangkan dalam suatu wilayah suatu negara, di mana pesertanya tidak hanya sendiri atas warga negaranya sendiri melainkan dari macan negara atau orang asing yang datang ke darah tersebut.
  8. Pariwisata Internasional (International Tourism) adalah Kegiatan kepariwisataan yang terdapat atau di kembangkan di banyak negara di dunia.
  9. Pariwisata Regional-Intrnasional adalah Kegiatan kepariwisataan yang berkembang di suatu wilayah internasional yang terbatas, tetapi melewati batas-batas lebih dari dua atau tiga negara dalam wilayah tersebut.
  10. Pariwistaa Aktif (In Bound Tourism) adalah Suatu kegiatan kepariwisataan yang di tandai dengan gejala masuknya wisatawan asing ke suatu negara tertentu.
  11. Pariwisata Pasif (Out Going Tourism) adalah Suatu kegiatan kepariwisataan yang ditandai dengan gejala keluarnya warga negara itu sendiri bepergian keluar negeri sebagai wisatawan.
  12. Pengelolaan adalah Hak setiap orang atau masyarakat untuk mengusahakan sumber daya yang dimilikinya dalam menunjang kegiatan pariwisata.
  13. Political Tourism adalah Jenis perjalanan wisata yang memotivasinya untuk melihat atau menyaksikan suatu peristiwa atau kejadian yang berhubungan dengan kegiatan suatu negara.
  14. Published Rate adalah harga kamar yang di dipublikasikan kepada masyarakat umum yang berlaku secara umum.
  15. Person Tariff adalah Pesanan kamar yang ditetapkan untuk tamu yang menyewa kamar hotel dihitung sesuai penghuni yang akan menempatkan kamar tersebut.
  16. Pre payment adalah Pesanan kamar telah melakukan pembayaran penuh sebelum kedatangan.
  17. Participants to a Seminar adalah Rombongan tamu yang bertujuan mengikuti suatu kegiatan seminar di suatu negara atau penyelenggara.
  18. Participants of Training Program adalah Rombongan tamu yang bertujuan mengikuti kegiatan program pelatihan atau pendidikan di suatu negara atau kota penyelenggara.
  19. Political Delegates adalah Rombongan tamu yang merupakan utusan suatu negara yang bertujuan membicarakan kepentingan politik negaranya dalam pertemuan antar negara di negara penyelenggara.
  20. Performing Artistes adalah Rombongan tamu kesenian yang bertujuan menyelenggarakan atau mengikuti pertunjukan seni di negara penyelenggara.

Q

  1. Quad Bad adalah Kamar yang dilengkapi dengan 2 tempat tidur kecil atau 1 tempat tidur besar di tambah dengan 2 tempat tidur kecil untuk 4 orang.

R

  1. Resort adalah Hotel yang berada di kawasan peristirahatan, yang memiliki fasilitas dan layanan yang lebih nyaman dan menyenangkan.
  2. Rotisserie adalah Restoran eksklusif yang memiliki tempat pembakaran (grill) yang dapat dilihat oleh tamu.
  3. Recepurational Tourism adalah Perjalanan wisata yang memotivasinya untuk menyembuhkan penyakit.
  4. Religion Tourism adalah Perjalanan wisata yang memotivasinya untuk menyaksikan atau melihat upacara-upacara keagamaan.
  5. Refal adalah Pesanan kamar yang dilakukan bersumber dari rekomendasi pelanggan terlebih dahulu.
  6. Room Tariff adalah Harga kamar yang dihitung sesuai dengan tipe kamar yang ditempatkan, tidak dipengaruhi berapa jumlah orang yang akan menempatkan kamar tersebut.
  7. Reservation Dairy adalah Form yang digunakan untuk mencatat pesanan kamar yang diterima dalam satu hari.
  8. Room Types adalah Jenis kamar yang dipesan oleh tamu.
  9. Reservation Date adalah Tanggal pesanan yang dibuat oleh tamu.
  10. Remarks adalah Catatan-catan penting yang diinginkan oleh tamu atau hal-hal yang harus diperhatikan dan disiapkan pada saat kedatangan tamu.
  11. Room No adalah Nomor kamar yang akan di tempatkan oleh tamu.
  12. Reservation Form No adalah Nomor dari formulir pesanan kamar yang telah diterima.
  13. Rate adalah Harga kamar.
  14. Room Change adalah Perpindahan kamar.
  15. Reunion adalah Tamu rombongan yang bertujuan mengikuti acara reunian yang di selenggarakan oleh suatu lembaga.
  16. Reservation Histories adalah Catatan dari seluruh pemesanan kamar yang meliputi jumlah tamu, jumlah kamar, sumber pemesnan, no shows, overstay, and understay.
  17. Revenue Forecast Report atau Three Days Forcast Report adalah Laporan yang berisi tentang pendapatan hotel untuk masa yang akan datang.
  18. Reservation Transaction Report adalah Tentang laporan transaksi pemesanan kamar yang di buat setiap hari.
  19. Reservation Availlability adalah Laporan tentang ketersediaan kamar dan yangsudah terjual.

S

  1. Social Torism adalah Perjalanan wisata yang menyelenggarakan nya dilakukan secara bersama dengan biaya yang diperhitungkan serumah mungkin dengan fasilitas yang cukup memadai dalam perjalanan.
  2. Sea Tourism adalah Perjalanan wisata yang menggunakan transportasi laut.
  3. Sport Tourism adalah Jenis perjalanan wisata yang motivasinya untuk melihat atau menyaksikan suatu pesta olahraga di suatu tempat tertentu.
  4. Seasonal Tourism adalah Jenis pariwisata yang kegiatannya berlangsung pada musim-musim tertentu.
  5. Special Mission Tourism adalah Perjalanan wisata yang dilakukan dengan suatu maksud khusus.
  6. Scientific Tourism adalah Perjalanan wisata yang tujuan pokoknya adalah memperoleh pengetahuan atau penyelidikan terhadap suatu bidang ilmu pengetahuan.
  7. Stacking Technique adalah Teknik menumpuk barang dengan cara yang baik dan benar untuk menghindari terjadinya kerusakan barang bawaan tamu.
  8. Semi Computerized System adalah Sistem yang menggunakan perpaduan komputer dan manual.
  9. Special Rate adalah Harga kamar khusus diberikan kepada tamu tertentu dan periode tertentu di terapkan pada hotel tersebut.
  10. Secial Arrival List adalah Daftar tamu VIP  atau VVIP khusus yng diharapkan tiba hari itu.
  11. State Visit adalah Rombongan tamu yang melakukan kunjungan ke provensi tertntu dalam suatau negara.
  12. Sports Team and Delegation adalah Rombongan tamu yang mrupakan utusan dan tom olahraga dari sutau negara atau kota yang bertujuan untuk menggikuti kegiatan olahraga atau berlatih bersama.

T

  1. Transit Hotel adalah Semua hotel dijadikan sebagai tempat beristirahatan sebentar setelah melakukan perjalanan sebelumnya dan akan melanjutkan kembali perjalanan tersebut.
  2.  Table D’hote Restaurant adalah Suatu restoran yang khusus menjual menu tabel d’hote, yaitu suatu susunan menu yang lengkap dari hidangan pembuka sampai penutup dan tertentu dengan harga yang telah ditentukan.
  3. Travel Agent adalah Pesanan kamar yang dijamin oleh biro perjalanan.
  4. Tourist Object adalah Informasi tentang objek yang ada di wilayah hotel tersebut yang dapat dinikmati tamu.
  5. Tourist Attraction adalah Informasi tentang kegiatan wisata yang ada di wilayah hotel tersebut yang dapat di nikmati tamu.
  6. Tourist Huts adalah kamar suite yang dibuat terpisah dari bagunan utama hotel.
  7. Twin Bed adalah Kamar yang dilengkapi dengan 2 tempat tidur untuk 2 orang.
  8. Triple Bed adalah Kamar yang dilengkapi dengan 2 tempat tidur kecil atau 1 tempat tidur besar ditambah 1 tempat tidur kecil.
  9. Turn Away Report adalah Laporan tentang jumlah reservasi yang ditolak yang disebabkan tingkat hunian penuh.
  10. Tour Group adalah tamu yang datang bertujuan untuk mlakukan perjalanan wisata yang umumnya di diorganisasikan oleh biro perjalnan.

U

  1. Usaha Daya Tarik Wisata adalah Usaha kegiatannya yang mengelola daya tarik wisata alam, daya tarik wisata budaya, dan daya tarik wisata buatan atau binaan manusia.
  2. Usaha Jasa Transportasi Wisata adalah Usaha yang khusus menyediakan angkutan untuk kebutuhan dan kegiatan pariwisata bukan angkutan transportasi reguler atau umum.
  3. Usaha Kawasan Pariwisata adalah Usaha yang kegiatannya membangun dan atau mengelola dengan luas tertentu untuk memenuhi kebutuhan pariwisata.
  4. Usaha Jasa Makanan dan Minuman adalah Usaha jasa penyediaan makanan dan minuman yang dilengkapi dengan perlengkapan peralatan dan perlengkapan untuk proses pembuatan dapat berupa restoran, kafe, jasa boga, dan bar atau kedai.
  5. Usaha Jasa Pramuwisata adalah Usaha yang menyediakan dan atau mengkoordinir tenaga pemandu wisata untuk memenuhi kebutuhan da atau kebutuhan biro perjalanan.
  6. Uniformed Service adalah Salah satu bagian yang sangat penting dalam operasional hotel, terutama untuk menciptakan citra yang positif.

V

  1. Vacational Tourism adalah Jenis pariwisata dimana orang-orang yang melakukan perjalanan wisata terdiri atas orang-orang yang sedang berlibur, cuti, libur panjang.
  2. VIP (very important person) adalah Tamu yang dianggap penting oleh hotel karena merekan akan memberikan keuntungan bagi pihak hotel dalam hunian kamar.

W

  1. Wisata adalah Kegiatan yang di lakukan seseorang atau sekelompok orang dengan mengunjungi suatu tempat tertentu untuk tujuan rekreasi, pengembangan pribadi, atau mempelajari keunikan daya tarik wisata yang dikunjungi dalam jangka waktu sementara.
  2. Wisatawan adalah Orang yang melakukan wisata.

Y

  1. Year Round Hotel adalah Hotel yang dibuka dan beroperasi sepanjang tahun, biasanya hotel ini dibangun di negara-negara yang hangat atau tropis.
  2. Youth Tourism adalah Jenis pariwisata yang dikembangkan untuk para remaja yang suka melakukan perjalanan yang relatif murah.

Nah, itulah beberapa istilah pariwisata dan perhotelan yang dikemas secara lengkap berdasarkan Abjad. Semoga artikel ini menambah wawasan bagi Anda semua yang mencari istilah-istilah dunia pariwisata dan perhotelan.

Exit mobile version